pembelajaran yang efektif



Effective learning atau yang biasa disebut dengan pembelajaran yang bersifat interaktif antara pendidik dan peserta didik. Tujuan dari pembelajaran yang efektiv adalah ketika siswa Berpikir , berbicara , bergerak , atau terlibat secara emosional sehingga apa yang Anda ajarkan masuk ke memori jangka panjang . dikatakan sebagai pembelajaran yang efektiv karena pembelajaran ini akan mengusir rasa kejenuhan dan diganti sebagai rasa menyanangkan. Tanda-tanda yang dapat diketahui dalam pemeblajaran yang efektiv diantaranya: 
1.      Partisipasi peserta didik
Ketika proses pembelajaran sedang berlangsung, peserta didik akan aktif mengikuti pembelajaran tersebut karena pembelajaran jauh dari kata membosankan dan pembelajaran memberikan kesempatan peserta didik untuk mengekspresikan dirinya.
 
2.      Peserta didik mampu menghubungkan dengan kehidupan sehari-hari
Maksud dari pernyataan tersebut ialah peserta didik dapat mengaitkan materi yang diberikan oleh pedidik kedalam kehidupan sehari-harinya.
 
3.      Peserta didik mampu melaksanakan materi yang telah diberikan di dalam kehidupannya.
 
Dalam pembeljaran dikenal juga kategori strategi pembelajaran yang efektiv bagi peserta didik, diantaranya:
1.  Aktivitas individu
Dalam hal ini peserta didik lebih ditekankan untuk melakukan proses pembelajaran tanpa adanya pendidik, peserta didik dituntut untuk mampu menjawab pertanyaan atau persoalan yang tertera di buku dengan cara mencarinya sendiri
2.  Paired activities
Pembelajaran dengan kategori ini lebih menekankan pada sistem pembelajaran diskusi berdua atau kegiatan debat tentang mata pelajaran.
3.  Informal small group
Pada proses pembelajaran tidak hanya menggunakan metode berceramah saja akan tetapi diskusi juga, Informal small group in sama hal nya dengan membagi kelompok-kelompok pada kegiatan pembelajaran peserta didik. Kegiatan dalam membagikan kelompok bertujuan agar peserta didik dapat menyatukan berbagai mindset atau ide yang ada dalam benak mereka dengan upaya berdiskusi satu dengan yang lainnya.
4.  Cooperative student project 
Yaitu mengerjakan tugas dengan 
 
 
 
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

permainan boi-boinan

kurikulum 1994 (PKB-TK)

TAJDID