Bermain Menjadi Jam
Langkah pertama, ajak anak didik
untuk memahami bagaimana jam bekerja melalui permainan menjadi jam, libatkan
minimal 4 anak didik. Kedua mengumpulkan bahan yang diperlukan. Ketiga,
jelaskan dan peragakan cara melakukan permainan tersebut yaitu: 1) bantu anak
untuk membuat lingkaran dengan kapur tulis dilantai atau dengan kayu ketika
bermain outdoor. Caranya: minta seorang anak untuk berdiri sembari memegang
ujung tali terpanjang, lalu minta anak lain untuk memegang ujung tali lainnya
sembari menarik tali hingga tegang. Kemudian minta salah seorang anak untuk
berjalan melingkar, sedangkan anak yang satunya berdiri diam ditempatnya,
tandai tumit dan bagian belakang telapak kaki anak agar berjalan dengan kapur
tulis. Jika anak berjalan melingkar telah kembali ke tempat semula, berarti ia
telah menghasilkan sebuah gambar lingkaran dengan kapur. 2) setelah itu bagi
lingkaran menjadi 12 garis sama besar. 3) kemudian minta seorang anak untuk
berdiri di tengah lingkaran sembari memegang tiga tali yang panjangnya
berbeda-beda (dalam jam yang sesungguhnya, ia adalah titik temu ketiga panah
petunjuk). 4) lalu, minta tiga anak lain untuk memegang satu tali pendek selaku
penunjuk arah jam, satu tali sedang selaku penunjuk arahmenit, dan satu tali
panjang selaku penunjuk arah detik. 5) setelah itu, guru memberi aba-aba atau
intruksi jam yang harus mereka peragakan. Cermati arah mana anak harus
bergerak. 6) bandingkan hasilnya dengan jam aslinya.
Pada kegiatan ini guru mengenalkan perilaku sosial seperti : kerjasama, konsentrasi memahami dirinya dan lingkungannya, menambah rasa percaya diri pada anak serta menambah pengetahuan anak akan membaca jam.
Komentar
Posting Komentar