Bermain Menjadi Jam



Langkah pertama, ajak anak didik untuk memahami bagaimana jam bekerja melalui permainan menjadi jam, libatkan minimal 4 anak didik. Kedua mengumpulkan bahan yang diperlukan. Ketiga, jelaskan dan peragakan cara melakukan permainan tersebut yaitu: 1) bantu anak untuk membuat lingkaran dengan kapur tulis dilantai atau dengan kayu ketika bermain outdoor. Caranya: minta seorang anak untuk berdiri sembari memegang ujung tali terpanjang, lalu minta anak lain untuk memegang ujung tali lainnya sembari menarik tali hingga tegang. Kemudian minta salah seorang anak untuk berjalan melingkar, sedangkan anak yang satunya berdiri diam ditempatnya, tandai tumit dan bagian belakang telapak kaki anak agar berjalan dengan kapur tulis. Jika anak berjalan melingkar telah kembali ke tempat semula, berarti ia telah menghasilkan sebuah gambar lingkaran dengan kapur. 2) setelah itu bagi lingkaran menjadi 12 garis sama besar. 3) kemudian minta seorang anak untuk berdiri di tengah lingkaran sembari memegang tiga tali yang panjangnya berbeda-beda (dalam jam yang sesungguhnya, ia adalah titik temu ketiga panah petunjuk). 4) lalu, minta tiga anak lain untuk memegang satu tali pendek selaku penunjuk arah jam, satu tali sedang selaku penunjuk arahmenit, dan satu tali panjang selaku penunjuk arah detik. 5) setelah itu, guru memberi aba-aba atau intruksi jam yang harus mereka peragakan. Cermati arah mana anak harus bergerak. 6) bandingkan hasilnya dengan jam aslinya.

Pada kegiatan ini guru mengenalkan perilaku sosial seperti : kerjasama, konsentrasi memahami dirinya dan lingkungannya, menambah rasa percaya diri pada anak serta menambah pengetahuan anak akan membaca jam. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

permainan boi-boinan

kurikulum 1994 (PKB-TK)

TAJDID